0

Konseling Kelompok
Konseling kelompok merupakan suatu layanan dalam membantu peserta didik untuk membantu menyelesaikan permasalahan pribadi, sosial, belajar dan karir. Konseling  kelompok  memfokuskan  diri  pada  proses  interpersonal  dan  strategi penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pemikiran, perasaan, dan perilaku yang  disadari.  Metode  yang  digunakan  adalah  dukungan dan  umpan  balik interaktif di sini dan saat ini. Adapun tujuan dari konseling kelompok diantaranya yaitu:
1. Masing-masing  konseli  mampu  menemukan  dirinya  dan  memahami  dirinya sendiri dengan lebih baik. Berdasarkan pemahaman diri tersebut, konseli rela menerima  dirinya  sendiri  dan  lebih  terbuka  terhadap  aspek-aspek  positif kepribadiannya.
2. Para  konseli  mengembangkan  kemampuan  berkomunikasi  antara  satu individu dengan individu yang lain, sehingga mereka dapat saling memberikan bantuan  dalam  menyelesaikan  tugas-tugas  perkembangan  yang  khas  pada setiap fase-fase perkembangannya.
3. Para  konseli  memperoleh  kemampuan  mengatur  dirinya  sendiri  dan mengarahkan  hidupnya  sendiri,  dimulai  dari  hubungan  antarpribadi  di  dalam kelompok  dan  dilanjutkan  kemudian  dalam  kehidupan  sehari-hari  di  luar lingkungan kelompoknya.

4. Para  konseli  menjadi  lebih  peka  terhadap  kebutuhan  orang  lain  dan  lebih mampu  menghayati/  memahami  perasaan  orang  lain.  Kepekaan  dan pemahaman ini akan membuat para konseli lebih sensitif terhadap kebutuhan psikologis diri sendiri dan orang lain. 




Posting Komentar

 
Top